Tips Menentukan Lokasi Tempat Tinggal yang Ideal

Memiliki rumah tempat tinggal sendiri adalah impian semua orang, karena seharusnya tidak ada tempat yang paling nyaman selain tinggal di rumah sendiri.


Namun terkadang karena kesalahan dalam memilih lokasi rumah tempat tinggal, menjadikan anda dan keluarga kurang merasakan kenyamanan seperti yang diharapkan.

Misalnya: Karena kurang teliti dalam memilih lokasi rumah tempat tinggal, akhirnya anda mendapatkan lokasi rumah tempat tinggal yang saat musim hujan sering terkena banjir.

Tentunya anda tidak menginginkan memiliki rumah tempat tinggal yang berlokasi di daerah rawan banjir, Oleh karena itu, Sebaiknya jangan terburu-buru dalam memilih lokasi rumah tempat tinggal.

Lalu, bagaimana kriteria lokasi tempat tinggal yang ideal, bagus dan nyaman?

Ada beberapa Tips yang dapat membantu anda dalam memilih Lokasi rumah tempat tinggal yang ideal untuk anda dan keluarga.

 

Tips Memilih Lokasi Rumah Tempat Tinggal yang Ideal

Tips Mencari Lokasi Rumah

 

1. "Brainstorming" dengan anggota keluarga

Sebaiknya anda dan keluarga bermusyawarah terlebih dahulu, sebelum menentukan lokasi rumah tempat tinggal anda dan keluarga, Atau bisa dikatakan lakukan BrainStorming dengan beberapa anggota keluarga, karena mereka juga nantinya tinggal di rumah tersebut.

Kriteria lokasi rumah yang bagaimana yang anda dan keluarga harapkan sebagai tempat tinggal yang nyaman.

Sebagai contoh:
Sebuah keluarga, terdiri dari suami, istri, dan dua orang anak.

·                     Suami menginginkan lokasi rumah tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerjanya.

·                     Istri menginginkan lokasi rumah tempat tinggal yang dekat dengan pusat perbelanjaan.

·                     Anak-anak menginginkan lokasi rumah yang dekat dengan sekolah mereka.

Dari hasil Brainstorming dengan keluarga, Anda dapat mencari lokasi rumah tempat tinggal yang dapat memenuhi keinginan Anda dan keluarga.


Keamanan

2. Keamanan

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada orang-orang sekitar mengenai keamanan lokasi tersebut.

Pilih lokasi rumah tempat tinggal yang aman dari berbagai bentuk kejahatan, seperti pencurian, kerusuhan, tawuran, dan sebagainya.

Lebih baik lagi jika dilokasi tersebut ada sistem keamanan yang rutin, seperti satpam, atau ronda malam.

Kawasan

3. Tidak rawan bencana

Hal ini termasuk hal yang utama, pastikan lokasi rumah tempat tinggal yang anda pilih tidak rawan bencana, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran dan lainnya.

Pilih lokasi tempat tinggal yang aman dari berbagai bencana seperti: lokasi tidak rawan banjir, tidak rawan longsor, dan lainnya

Akses Jalan

4. Akses jalan

Memilih lokasi rumah tempat tinggal yang memiliki akses jalan keluar masuk yang cukup baik, lebar jalan minimal 4 meter, semenisasi, dan jalan tersebut sering dilintasi orang, bukan jalan buntu.

Lokasi tempat tinggal yang memiliki Akses jalan yang baik, dekat dengan fasilitas umum, sering dilalui orang, dan bukan di ujung jalan (buntu).

 

Akses jalan yang tidak terlalu jauh dari berbagai fasilitas umum, seperti pasar, sekolah, rumah ibadah dan pusat keramaian lainnya.

Memilih lokasi rumah tempat tinggal di persimpangan jalan dapat anda jadikan Alternatif selanjutnya.

5. Terkena sinar matahari yang cukup.

Hindari memilih lokasi rumah yang terhimpit bangunan-bangunan tinggi, sehingga rumah anda selalu teduh tidak mendapat sinar matahari.

 

Lokasi rumah tempat tinggal yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, serta mengarah ke matahari Terbit.

Sinar matakari sangat baik untuk kesehatan tempat tinggal, anda dan keluarga, selain itu sinar matahari juga sangat dibutuhkan untuk mengeringkan jemuran pakaian anda.

Sebaiknya lagi, arah rumah tempat tinggal anda mengarah ke timur, agar sinar matahari pagi bisa masuk kedalam rumah, dan siang hari tidak terlalu panas saat anda dan keluarga berada di rumah.

6. Fasilitas Air, listrik, sinyal

Mungkin jaman dulu, untuk menentukan lokasi rumah tempat tinggal yang bagus dan nyaman, tersedianya Air bersih dan Listrik sudah cukup memberikan anda kenyamanan untuk tinggal di lokasi tersebut.

 

Sinyal


Lokasi Rumah tempat tinggal dengan fasilitas Air bersih, listrik dan sinyal yang kuat.

Namun jaman sekarang yang serba internet, tentunya anda tidak menginginkan memiliki rumah tempat tinggal yang tidak terjangkau sinyal untuk ponsel dan internet.

Bahkan saat ini, orang-orang menginginkan lokasi tempat tinggal yang memiliki sinyal internet kencang seperti sinyal 3G atau 4G misalnya.

Oleh karena itu, Pilihan lokasi rumah tempat tinggal yang anda harapkan, adalah tersedianya fasilitas Air bersih, Listrik dan Sinyal yang kuat.

7. Harga

Jika lokasi yang anda dan keluarga inginkan untuk dijadikan lokasi membangun Rumah tempat tinggal sudah sesuai, selanjutnya pertimbangan Harga menjadi hal yang perlu anda perhatikan.

Lokasi rumah tempat tinggal dengan harga wajar dan terjangkau.

Sesuaikan Harga Tanah/lahan untuk lokasi rumah tempat tinggal yang anda inginkan dengan harga pasaran, pastikan harganya masih normal dan masuk akal.


8. Investasi

Tanah / lahan untuk rumah adalah sebuah Investasi bagi anda dan keluarga, pertimbangkan mengenai prospek jangka panjang terhadap perkembangan dan kemajuan lokasi tersebut.

Pilihan Lokasi Rumah tempat tinggal yang memiliki Prospek Kemajuan dan perkembangan daerah yang cukup bagus.

Anda tentu menginginkan memiliki lokasi lahan / tanah tempat tinggal dengan harga beli tidak terlalu mahal , namun memiliki prospek harga yang berlipat ganda di masa yang akan datang.


Sumber : Dunia Berbagi Ilmu

spacer
agent image
agency logo
Ismail Tjitrabudi
CJ Pro
sismailtj@gmail.com
+(62) 8121238910